Kamis, 27 Juni 2013


EMAIL SECURITY

Pada pembahasan saya kali ini,saya akan membahas tentang Email Security.
Pertama saya akan menjelaskan apa itu Email dan apa peranannya dalam dunia internet. Email merupakan suatu sarana aplikasi dalam internet yang biasa digunakan untuk mengirim surat atau dokumen.
Kita juga pasti mengetahui apa itu facebook atau twitter atau jejaring social lainnya,dan pasti banyak diantara kita semua telah memiliki akun tersebut.
Dan salah satu syarat untuk dapat mengakses jejaring social tersebut adalah pertama-tama kita harus terlebih dahulu membuat email,itulah salah satu bentuk contoh peranan email dalam dunia internet.


Namun dari beberapa kemudahan yang kita dapatkan dari email,tidak sedikit ancaman yang bisa terjadi. Misalnya saja email kita bisa disadap,disusupi virus,dipalsukan,mail relay dan mailbomb.

Dan selanjutnya adalah penjelasan mengenai sistem email,sistem email sendiri terbagi 2 yaitu :
·         Mail User Agent (MUA), mail user agent adalah salah satu sarana yang berhubungan dengan user untuk menulis,membaca,mengirim dan menimpan email. Contohnya : mutt, pine, Pegasus, Eudora, Yahoo,Gmail,Hotmail.
·         Mail Transfer Agent (MTA), mail transfer agent adalah sebuah server yang bertugas untuk mengirim, menerima, dan meneruskan e-mail. Contoh : sendmail, qmailm postfix, exchange.

Berikut struktur email yang terdiri dari 2 bagian yaitu :
·         Header email : yang berisi informasi mengenai pengirim dan tujuan atau penerima email.
      Header juga berisi informasi mengenai MTA yang dilalui saat melakukan pengiriman.
·         Body email : berisi email yang ditulis oleh user.

Dan berikut penjelasan mengenai ancaman atau masalah pada email :
·         Penyadapan.
Masalah ini dapat terjadi karena bocornya data atau informasi yang diketahui oleh pihak ketiga selain dari pengirim atau penerima.

·         Pemalsuan
Masalah pemalsuan yang terjadi pada email sangat mungkin terjadi karena headernya bisa dibuat sendiri. Untuk mengantisipasinya dapat dilakukan dengan melihat header untuk mengetahui asal email, menggunakan digital signature.



·         Penyusupan Virus
Dalam penggunaan email,virus dapat dengan mudah terjadi.Maka untuk mengantisipasinya kita harus selalu hati-hati pada email yang tidak kita kenali.

·         Spamming
Hal ini juga salah satu ancaman yang sering terjadi pada email. Spamming yaitu suatu aktifitas yang biasanya bersifat mengirimi pesan berisi promosi produk kepada banyak orang tanpa kita ketahui darimana asalnya. Untuk memproteksinya dapat dilaporkan email yang dianggap sebagi spam.

·         Mail bomb
Mailbomb adalah mengirimi email dengan jumlah yang banyak pada satu pihak. Untuk mengantisipasinya dapat dengan cara membatasi ukuran email, quota disk, menggunakan filter khusus untuk mendeteksi dupikasi isi email.

·         Mail Relay
Mail relay adalah serangan dengan menggunakan server orang lain untuk mengirimkan email ke sasaran dengan tujuan mailbomb, spamming, virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar