Minggu, 31 Maret 2013


Pendahuluan
    Pada saat ini penggunaan computer sudah semakin luas dengan tersedianya berbagai macam program aplikasi. Penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari merupakan sarana yang membantu manusia dalam melakukan aktifitasnya karena dalam masa dewasa ini komputer dikenal bukan hanya sebagai alat hitung,juga digunakan untuk berbagai macam keperluan kebutuhan manusia di era modern ini.
    Contohnya saja sudah banyak sistem aplikasi yang dipakai oleh manusia untuk membantu kebutuhannya dalam melakukan pekerjaan. Namun tanpa kita sadari sistem aplikasi yang kita pakai terkadang masih terdapat masalah dan dapat menghambat kinerja dari sistem aplikasi tersebut.
   Dari masalah diatas maka diperlukan sebuah software yang mampu menutupi atau memperbaiki masalah yang ada pada sebuah sistem aplikasi. Maka dari pemaparan diatas saya akan mengangkat penjelasan tentang Software Patches yang dapat menutupi kesalahan pada sistem aplikasi.

Tinjauan Pustaka
    Masalah kerawanan terjadinya kesalahan dalam sistem aplikasi dapat dikurangi dengan mengembangkan sejumlah piranti lunak atau keras yang akan dipasang atau diinstal pada sistem computer atau jaringan yang akan dilindungi. ( Meneropong Isu Keamanan Internet Aspek Teknis, Bisnis, dan Sosial, Prof. Richardus Eko Indrajit)



Pembahasan
   Patch adalah sepotong software yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan, atau memperbarui program komputer atau data pendukungnya. Ini termasuk memperbaiki kerentanan keamanan dan bug lainnya, dan meningkatkan kegunaan atau kinerja.
 Meskipun dimaksudkan untuk memperbaiki masalah, patch yang dirancang buruk kadang-kadang dapat memperkenalkan masalah baru. Dalam beberapa kasus khusus update sadar bisa pecah fungsi, misalnya, dengan menghilangkan komponen yang penyedia pembaruan tidak lagi berlisensi atau menonaktifkan perangkat.

Manajemen patch adalah proses menggunakan strategi dan rencana apa patch harus diterapkan sistem yang pada waktu tertentu.



Tipe
Patch untuk perangkat lunak berpemilik biasanya didistribusikan sebagai executable biner bukan kode sumber. Jenis patch memodifikasi program executable-program pengguna benar-benar berjalan-baik dengan memodifikasi file biner untuk menyertakan perbaikan atau dengan sepenuhnya menggantikannya.

Patch juga dapat beredar dalam bentuk modifikasi kode sumber. Dalam kasus ini, patch terdiri dari perbedaan tekstual antara dua file kode sumber. Jenis patch biasanya keluar dari proyek open source. Dalam kasus ini, pengembang berharap pengguna untuk mengkompilasi file baru atau diubah sendiri.

Karena kata "patch" membawa konotasi memperbaiki kecil, perbaikan besar dapat menggunakan nomenklatur yang berbeda. Patch besar atau patch yang secara signifikan mengubah program dapat bersirkulasi sebagai "service pack" atau sebagai "Pembaruan perangkat lunak". Microsoft Windows NT dan penerusnya (termasuk Windows 2000, Windows XP, dan versi) menggunakan "paket layanan" terminologi.

Security Patches

Sebuah patch keamanan adalah perubahan diterapkan untuk aset untuk memperbaiki kelemahan dijelaskan oleh kerentanan. Ini tindakan korektif akan mencegah eksploitasi sukses dan menghapus atau mengurangi kemampuan ancaman untuk mengeksploitasi kerentanan tertentu dalam aset.

Patch keamanan merupakan metode utama memperbaiki kerentanan keamanan dalam perangkat lunak. Saat ini Microsoft merilis patch keamanan sebulan sekali, dan sistem operasi lainnya dan proyek perangkat lunak memiliki tim keamanan yang didedikasikan untuk melepaskan patch perangkat lunak yang paling dapat diandalkan segera setelah pengumuman kerentanan mungkin. Patch keamanan terkait erat dengan pengungkapan yang bertanggung jawab.


Kesimpulan
   
   Dari penjelasan diatas dapat saya simpulkan bahwa software patches sangat berpengaruh dalam sebuah sistem aplikasi karena dapat berperan untuk memperbaiki dan menutupi kesalahan yang ada sehingga kinerja dari sistem yang kita punya dapat bekerja dengan baik. Namun kita juga harus memerhatikan kinerja patch itu sendiri karena bisa saja menimbulkan masalah baru.


Daftar Pustaka
  
   Meneropong Isu Keamanan Internet Aspek Teknis, Bisnis, dan Sosial, Prof. Richardus Eko     Indrajit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar